Wednesday, May 13, 2009

Dokumen PDF, Mangsa Utama Virus


Dokumen Microsoft Word (.doc) biasanya jadi mangsa utama serangan program jahat. Namun di 2009, program jahat ternyata lebih suka 'memangsa' dokumen PDF.

Menurut F-Secure, serangan program jahat yang bersasaran (targeted attack) pada 2008 lebih banyak memangsa file dokumen Microsoft Word (.doc).

Dari 1.968 targeted attack yang dideteksi F-Secure sepanjang 2008, 34.5% di antaranya menyasar dokumen Microsoft Word. Sedangkan file Adobe PDF berada pada posisi kedua dengan 28.6%.

Nah, sejauh ini di 2009, F-Secure mendeteksi adanya pergeseran tren. Dari 663 targeted attack yang dideteksi, sebanyak 48.87% adalah terhadap Adobe PDF. Sedangkan Microsoft Word 'hanya' 39.22%.

Pergeseran tren ini, menurut F-Secure, disebabkan banyaknya celah pada Adobe Acrobat Reader. Sebaliknya, celah untuk aplikasi Microsoft Office sudah semakin menurun.

Targeted attack adalah program jahat yang sengaja dibuat untuk menyerang pihak tertentu. Biasanya program ini memanfaatkan celah keamanan pada aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Office atau Adobe Acrobat Reader.

0 komentar:

Post a Comment